Kamis, 15 Juli 2010

Tips penggunaan Komputer Lebih cepat

Menu Start Windows XP: Percepat Tampilan Menu Start

Coba klik [Start] dan arahkan pointer ke salah satu menu, [All Programs] misalnya. Menu di bawah [All Programs] tidak langsung muncul tapi setelah beberapa saat kemudian. Memang ada waktu jeda sejak menu disorot sampai submenu muncul.

Waktu jeda itu bisa dipersingkat agar submenu bisa muncul lebih cepat. Caranya dengan sedikit ngoprek registri.

1. Buka Registry Editor.

2. Masuklah ke HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\MenuShowDelay.

3. Ubah angka 400 yang menjadi standar Windows menjadi angka yang lebih kecil, 0 misalnya.

4. Klik [OK].

5. Tutup Registry Editor.

6. Restart PC.

Kini coba klik [Start] lagi dan arahkan pointer ke salah satu menu. Jadi cepat, kan? Kalau munculnya submenu dirasa terlalu cepat, lakukan lagi penyuntingan registri, ubah angka ke nilai yang lebih besar.

Tingkatkan Performa Flash Disk

Di Windows Me dan Windows 2000, pengoperasian USB flash disk terasa sedikit merepotkan. Anda dipaksa harus mengklik ikon [Safely Remove Hardware] di system tray dan mengklik tombol [Stop] sebelum mencabut piranti USB.

Kini, di Windows XP, kewajiban tersebut sudah tidak ada lagi. Anda bisa mencabut flash disk kapan saja selama tidak dalam proses transfer data. Pengoperasian flash disk pun jadi lebih mudah.

Akan tetapi kemudahan tersebut harus dibayar dengan menurunnya performa flash disk. Ini disebabkan karena Windows harus menonaktifkan fitur write cache demi fleksibilitas tadi, sehingga performa harus dikorbankan.

Nah, bagi Anda yang mengutamakan performa flash disk sebagai nomor satu, Anda harus mengaktifkan write cache ini dari Device Manager. Caranya:

  1. Klik [Start] > [Control Panel] > [Performance and Maintenance] > [System].
  2. Pilih tab [Hardware].
  3. Buka jendela Device Manager dengan mengklik tombol [Device Manager].
  4. Masuklah ke disk drives, dan klik kanan pada nama USB flash disk.
  5. Pilih [Properties].
  6. Masuklah ke tab [Policies] kemudian ubah radio button [Optimize for quick removal] menjadi [Optimize for Performance].
  7. Tekan [OK], lalu tutup jendela Device Manager dan System Properties.
  8. Restart Windows.

Setelah Anda mengaplikasikan trik ini jangan lupa untuk selalu mengklik [Safely Remove Hardware] sebelum mencabut flash disk.

Menampilkan Penanggalan Hijriah

Penanggalan yang sering kita gunakan setiap hari adalah penanggalan Masehi, yakni penanggalan yang menggunakan nama-nama bulan mulai dari Januari hingga Desember.

Di beberapa negara, ada yang menggunakan penanggalan selain Masehi, yakni penanggalan Hijriah yang menggunakan nama-nama bulan mulai dari Muharam sampai Zulhijah. Penanggalan ini banyak digunakan umat Islam.

Untuk menampilkan penanggalan Hijriah di Linux cukup mudah, Anda hanya butuh desktop KDE. Langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut ini.

1. Bukalah KDE Control Center dengan cara klik menu [K] > [Control Center].

2. Pada tab [Index] di jendela KDE Control Center bagian kiri, masuklah ke modul [Accessibility] > [Region & Language] (atau pada distro lain bisa lewat [Regional & Accessibility] > [Country/Region & Language]). pada jendela bagian kanan, muncul pilihan-pilihan pengaturan mengenai negara dan bahasa. Aktiflah di tab [Time & Dates].

3. Selanjutnya pada pilihan Calendar System pilihlah [Hijri]. Selain [Hijri] terdapat pilihan lain, yakni [Hebrew] dan [Jalali]. Sedangkan standarnya berisi pilihan [Gregorian]. Selain itu, untuk pengaturan hari pertama penanggalan, aturlah pada First day of the week. Pilihan standar ialah Yaum al-Ahad (Minggu) sebagai hari permulaan setiap minggu.

4. Selanjutnya klik [Apply] untuk menyetujui perubahan yang telah dilakukan.

5. Muncullah dialog konfirmasi yang menyatakan bahwa perubahan akan dilakukan apabila kita melakukan login ulang dalam KDE. Lakukan logout terlebih dahulu dengan cara klik menu [K] > [Logout...] . Kemudian kliklah tombol [End Current Session]. Setelah itu session KDE Anda akan ditutup dan Display Manager akan tampil. Pada Display Manager tersebut, isikan username dan password Anda, kemudian klik tombol [Login] atau tekan [Enter]. Selanjutnya Anda akan kembali masuk ke session KDE milik Anda.

6. Sekarang lihatlah pada aplet atau asesoris jam pada ujung kiri panel. Lewatkan kursor dan hentikan kursor Anda sejenak di atasnya. Tampaklah pesan yang menampilkan nama hari, tanggal bulan dan tahun dalam format Hijriah . Untuk melihat penanggalan lengkap, kliklah pada jam tersebut maka akan muncul jendela kalender.

Berikut ini ada sedikit tips. Apabila Anda malas melakukan login ulang karena prosesnya yang cukup memakan waktu, ada cara yang cukup singkat apabila kita ingin melihat perubahan. Berikut ini adalah caranya.

1. Klik kanan di ruang kosong taskbar panel utama KDE, kemudian klik [Remove] > [Applet] > [Clock] atau klik kanan di atas tombol menu [K] > [Remove] > [Applet] > [Clock]. Maka jam yang ada di panel KDE akan hilang.

2. Untuk memunculkannya kembali, klik kanan di ruang kosong panel utama KDE kemudian klik [Add] > [Applet] > [Clock] atau klik kanan di atas tombol menu [K] > [Add] > [Applet] > [Clock]. Jam tersebut akan kembali muncul pada panel KDE. Perubahan-perubahan yang telah kita lakukan secara otomatis telah langsung diterapkan.

Lebih praktis tanpa perlu menunggu lama untuk logout kemudian login kembali, bukan?

Tingkatkan Kinerja Windows

Sistem operasi Windows menggunakan dua memori. Utamanya, Windows menggunakan RAM alias memori utama. Apabila memori utama telah habis dipakai, maka Windows akan membuat memori virtual yang diambil dari sisa kapasitas harddisk.

Kalo begitu, kenapa enggak pakai harddisk saja sebagai memori utama? Kan kapasitas harddisk pasti lebih besar? Memang begitu, tapi kecepatan akses ke harddisk lebih lambat ketimbang kecepatan akses memori utama. Jadi kalau harddisk dijadikan memori utama, pasti PC berjalan lambat. Lain halnya kalau memori utama yang ditambah. PC pasti berjalan lebih cepat.

Andai sebuah PC memiliki memori utama yang cukup besar, bisakah file inti Windows dipindah ke memori utama? Logikanya, karena akses ke seluruh file itu lebih cepat, kinerja Windows meningkat.

Bukan dipindah sebetulnya, tapi “dipindah”. Artinya, cuma seolah-olah disalin ke memori utama. Paging, istilah bulenya.

Caranya kira-kira seperti ini.

  1. Jalankan editor registri.
  2. Masuklah ke subkey My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management\.

  1. Klik ganda [DisablePagingExecutive] yang berada di bagian kanan window, lalu isikan 1 sebagai value data.
  2. Klik [OK].
  3. Tutup editor registri dan restart PC.

Menu Start Windows XP: Percepat Tampilan Menu Start

Coba klik [Start] dan arahkan pointer ke salah satu menu, [All Programs] misalnya. Menu di bawah [All Programs] tidak langsung muncul tapi setelah beberapa saat kemudian. Memang ada waktu jeda sejak menu disorot sampai submenu muncul.

Waktu jeda itu bisa dipersingkat agar submenu bisa muncul lebih cepat. Caranya dengan sedikit ngoprek registri.

1. Buka Registry Editor.

2. Masuklah ke HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\MenuShowDelay.

3. Ubah angka 400 yang menjadi standar Windows menjadi angka yang lebih kecil, 0 misalnya.

4. Klik [OK].

5. Tutup Registry Editor.

6. Restart PC.

Kini coba klik [Start] lagi dan arahkan pointer ke salah satu menu. Jadi cepat, kan? Kalau munculnya submenu dirasa terlalu cepat, lakukan lagi penyuntingan registri, ubah angka ke nilai yang lebih besar.

Kosongkan Recycle Bin dari Mana Saja

Siapa tak kenal Recycle Bin. Fitur yang disediakan sejak Windows 95 ini telah banyak membantu penggunanya. File-file yang tak sengaja terhapus dapat langsung dikembalikan dengan mudah dan cepat melalui fitur ini.

Di samping kelebihan, tentu saja sisi negatifnya juga ada. Recycle Bin memiliki kelemahan pada pengunaan harddisk. Semakin banyak file yang masuk ke recycle bin tanpa dikosongkan, semakin banyak ruang harddisk yang terbuang sia-sia.

Maka dari itu, pengguna yang merasa seluruh isi recycle bin tidak berguna lagi, harus segera mengosongkan tampungan daur ulang-nya. Anda bisa mengosongkan recycle bin dengan menglik kanan ikon yang bersangkutan dari desktop atau Windows Explorer dan memilih [Empty Recycle bin].

Untuk lebih memudahkan lagi, Anda dapat memasukkan opsi [Empty Recycle bin] ke semua menu konteks. Alhasil, Anda dapat mengosongkan tampungan daur ulang dengan mudah dari mana saja. Cara untuk melakukan trik ini adalah sebagai berikut:

1. Jalankan program Notepad dari menu [Start] > [All Programs] > [Accessories] > [Notepad].

2. Lalu, ketikkan perintah berikut pada jendela Notepad:
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers\{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}

@="Empty Recycle Bin"

[HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers\Empty Recycle Bin]

@="{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}"

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shellex\ContextMenuHandlers\Empty Recycle Bin]

@="{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}"

[HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shellex\ContextMenuHandlers\Empty Recycle Bin]

@="{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}"

[HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shellex\ContextMenuHandlers\Empty Recycle Bin]

@="{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}"

3. Setelah itu, simpan skrip yang telah Anda ketikkan tersebut dengan nama recyclebin.reg. Jangan lupa untuk mengubah tipe file pada kotak dialog Save As menjadi [All files].

4. Sekarang, jalankan file yang telah Anda ketikkan tadi.

5. Untuk melihat hasilnya, restart Windows. Anda dapat mengosongkan tampungan daur ulang dari mana saja dengan mengklik kanan file atau folder apapun.

Koreksi Otomatis Microsoft Word: Menuliskan Dua Huruf Kapital

Microsoft Word telah dilengkapi dengan satu fitur yang mampu mengoreksi kesalahan ketik yang tidak disengaja. Coba saja Anda ketik LAri dilanjutkan dengan spasi, niscaya Microsoft Word akan memperbaiki kesalahan ketik tersebut menjadi Lari.
Repotnya, untuk beberapa kasus misalkan Anda ingin mengetik PCplus, maka Microsoft Word juga akan memaksa penulisan dalam format Pcplus bukannya PCplus seperti yang Anda ketikkan. Untuk penulisan semacam ini, Anda harus menggunakan pengaturan yang tepat untuk kata-kata khusus tersebut.

Beginilah caranya.

1. Jalankan Microsoft Word dari menu [Start] > [All Programs] > [Microsoft Office] > [Microsoft Office Word 2003].

2. Klik menu [Tools] > [AutoCorrect Options...].

3. Dalam jendela AutoCorrect, klik tab yang juga bernama [AutoCorrect].

4. Klik tombol [Exceptions...] di sebelah kanan checkbox [Correct TWo INitial CApitals].

5. Aktifkan tab [INitial CAps] dan masukkan kata yang Anda inginkan pada kolom Don’t correct, misalkan PCplus.

6. Tekan [OK] dan [OK] sekali lagi. Sekarang Anda sudah bisa merasakan perubahannya.

Basmi W32.Kangen.I!

Generasi ke-9 Kangen, W32.Kangen.I, telah menyebar. Vaksincom memperoleh begitu banyak laporan. Berikut ini adalah cara Kangen.I menyerang serta langkah-langkah untuk mengatasinya.

Setelah sekian lama posisi Kangen digantikan oleh Fawn, kini telah muncul varian terbaru dari Kangen. Karakteristik keduanya memang mirip. Hanya saja, Fawn lebih jahat ketimbang Kangen. Setiap file duplikat yang dibuat oleh Fawn.A tidak dapat dibuka. Hal ini berbeda dengan Kangen dimana file yang terinfeksi masih dapat dibuka, sehingga user beranggapan bahwa data mereka telah rusak, walaupun sebenarnya data mereka masih utuh dan hanya disembunyikan saja.

Kangen.I datang berupa ikon MSWord dengan ukuran file 48KB. Walaupun dibuat dengan menggunakan bahasa Visual Basic, virus ini siap membuktikan bahwa dirinya patut diperhitungkan. Daya serang yang lumayan dahsyat.

Cinta, seperti biasanya para pembuat virus sering mengusung tema cinta dalam kreasinya, begitu pula dengan varian Kangen ini. Akan muncul, pesan yang isinya antara lain “Untuk Yang Tercinta Juwita Ningrum”. Pesan ini akan muncul ketika file yang telah terinfeksi dijalankan. Pesan ini disampaikan dari seorang kekasih yang mempunyai julukan Hellspawn.

Seperti pada varian sebelumnya virus ini juga akan menyebar melalui disket maupun UFD (USB Flash Disk). Virus ini akan menyimpan/mengopikan satu buah file dengan nama Untukmu.exe. File ini mempunyai ukuran 48KB dengan icon MSWord. Selain melalui disket dan UFD, virus ini juga dapat menyebar melalui file sharing dengan terlebih dahulu menjalankan file yang telah terinfeksi.

Untuk menyebar melalui file sharing, virus ini akan menggunakan rekayasa sosial dari pengguna komputer, dimana setting default dari Windows adalah menyembunyikan extension dari file tersebut.

File Recovery pada Harddisk Eksternal

Bagaimana jika setelah melakukan quick format, ternyata ada data lama yang masih diperlukan dan tidak ada backup yang tersedia? Anda bisa mencoba untuk melakukan file recovery. Berikut ini PCplus akan menunjukkan caranya.

Harddisk eksternal sering dimanfaatkan untuk mentransfer data antar PC. Tidak jarang bila suatu harddisk eksternal diformat dengan metode quick dahulu agar data baru yang hendak ditransfer tidak bercampur dengan data lama yang mungkin sudah tidak diperlukan lagi.

Suatu file yang dihapus dari harddisk, biasanya tidak benar-benar dihapus. Ia masih ada di harddisk hanya saja sudah tidak dianggap ada. File tersebut tidak tercatat lagi sebagai file yang tersedia pada harddisk. Posisinya di harddisk bisa diganti oleh file baru.

Menggunakan perangkat lunak recovery yang sesuai, file ini bisa diperoleh kembali, tentunya dengan syarat tertentu. Salah satu syarat penting adalah lokasi dari file yang dihapus itu belum digunakan oleh file baru yang ditambahkan belakangan. Oleh karena itu begitu file dihapus dan Anda sadar file itu masih diperlukan, jangan menambahkan file apapun pada harddisk.

Dalam kasus hilangnya file dari harddisk eksternal yang diformat dengan quick, jangan tambahkan file apapun agar kemungkinan pengembalian file sukses lebih besar.

Ada banyak perangkat lunak recovery yang bisa digunakan untuk melakukan file recovery dari harddisk eksternal yang telah diformat. Salah satunya adalah PC Inspector File Recovery 4.0 yang merupakan freeware.

Hasil recovery yang diperoleh menggunakan PC Inspector File Recovery 4.0 bisa saja mencakup file lama yang telah dihapus sebelumnya. Hal ini bisa membuat ada banyak file yang ditemukan, dan tidak semua ditampilkan dengan nama aslinya.

Oleh karena itu ada baiknya properti dari file yang diperlukan dikenal lebih dulu. Seandainya file yang dicari telah ditemukan namun diberi nama yang berbeda dengan aslinya, dengan mengetahui properti dari file tersebut, penyaringan bisa dilakukan. Satu hal yang juga perlu diingat adalah, tidak ada jaminan 100% file yang dikehendaki pasti berhasil di-recovery. Bahkan kalaupun bisa, hasilnya belum tentu sempurna.

Dalam tutorial ini, sistem file yang digunakan adalah FAT32 dan tidak ada perubahan ukuran cluster yang dilakukan.

Optimalisasi Boot Disk

Jika diaktifkan fitur ini boot disk setiap kali booting menjadi lebih cepat dan kinerja komputer menjadi lebih optimal

Untuk mengaktifkannya masuklah ke key HKEY_LOCAL-MACHINE\SOFTWERE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction.

Pada panel sebelah kanan, klik kanan mouse kemudian pilih [New] > {String Value} dan beri nama {Enable}, dan isikan nilainya dengan Y jika ingin mengaktifkannya fitur ini.

Mempercepat tampilan gambar STAR

1.HKEY_CURENT_USER/Contol panel/Dekstop

Pada folder Dekstop cari file MenuShowDelay, lalu modifi menjadi 0 dari 400

2. HKEY_CURENT_USER/Contol panel/Dekstop/WindowMetriks

Pada Windowmetriks cari file minanimate, lalu modifi menjadi 0 dari 1

Unload file dll dari memory

HKEY_LOKAL_MACHINE\ SOFTWARE\ MICROSOFT\ WINDOWS\ CURENTVERSION\ EXPLORER.

key\ new key buat folder AlwaysUnloadDLL, lalu modify folder “default”menjadi 1

Membuang Aplikasi yang sudah di uninstall

HKEY_LOKAL_MACHINE\ SOFTWARE\ MICROSOFT\ WINDOWS\ CURENTVERSION\ uninstall,

Pada folder yang hendak di uninstall, di delete saja. Beres dch.

Optimaly boot Disk

HKEY_LOKAL_MACHINE\ SOFTWARE\ MICROSOFT\ dfrg\ BootOptimizeFunction

New String Value dan beri nama Enable lalu modifi value data menjadi Y

Optimalisasi Hardisk

  1. run lalu ketik regedt32.exe.
  2. masuklah HKEY_LOKAL_MACHINE\ SOFTWARE\ MICROSOFT\ WINDOWS\ CURENTVERSION\ OptimalLayout
  3. New dword value lalu ketik EnableAutoLayout
  4. ganti value datanya dengan nilai 1. klik ok untuk penyimpnan

Tambah change ntfs

  1. HKEY_LOKAL_MACHINE\ system\ curentcontrolset\ control\ filesystem
  2. New dword value lalu ketik NtfsMftzone Reservation
  3. modify menjadi 2

Membersihkan page file saat shutdown

  1. run ketik “secpol.msc”
  2. Setelah itu ke secutity Seetings\ local policies\ security options.
  3. liat bagian kanan lalu cari opsi “shutdown: Clear virtual Memory page file” tekan doble clik dan jadikan enable.

USB Kebal Malware

  1. Buat agar windows Explorer menampilkan semua File, termasuk file yang disembunyikan
  2. Buka USB flash disk (pastikan sudah bebas virus), hapus file autorun.inf yang ada
  3. buatlah folder baru dengan nama “autorun.inf”.
  4. masuk ke folder yang baru saja dibuat
  5. Buat file teks biasa pakai notepad dengan nama sembarangan. Nanti, nama file itu akan diubah karakter-karakter dari bahasa Jepang, Korea atau Cina
  6. kalau anda sudah install Microsoft Office, coba buka Character Map ([satart] > [program] > [accessories] > [System Tools] > [character Map]}. Pilih font [Arial Unicode MS]. Scrool ke bawah sampai anda menemukan karakter-karakter Jepang, Korea, atau Cina. Klik ganda pada karakter yang dipilih. Beri lima karakter untuk nama file
  7. klik (copy)
  8. setelah itu, ubah nama (rename) file teks yang sudah dibuat. Klik kanan pada file, llau klik [rename].
  9. tekan Ctrl + V untuk melakukan untuk melakukan paste. Nama file pun sudah pakai karakter-karakter yang sudah dipilih. Bisa jadi, yang muncul bukan huruf Jepang, Korea atau Cina, melainkan kotak-kotak saja.
  10. selesai sudah, USB flash disk anda aman dari virus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar